Minggu, 13 Desember 2015

Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan AM dan FM

Tabel Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan AM dan FM

AM
FM
a.       Jangkauan lebih jauh
a)      Jangkauan lebih pendek
b.       Biaya murah
b)      Biaya mahal
c.       Kualitas suara jelek
c)      Kualitas suara bagus
d.       Tejadi fading (rentan terhadap gangguan) pada gelombang
d)      Tidak terjadi fading (gangguan) pada gelombang
e.       Bandwith lebih kecil
e)      Bandwith lebih besar


Modulasi Amplitudo (AM)

Semua kelebihan maupun kekurangan diatas adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Karena Modulasi Amplitudo memiliki jangkauan gelombang yang lebih jauh, maka kualitas suara yang dihasilkan akan jelek dan akan sering terjadi gangguan (fading) pada gelombang. Selain itu, Modulasi Amplitudo memiliki atau memerlukan bandwidth yang kecil. 

Gelombang AM (Amplitudo Modulation) memiliki range jangkauan yang lebih luas daripada gelombang FM (Frekuensi Modulation). Hal tersebut dikarenakan gelombang AM memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dibanding gelombang FM. Akan tetapi dalam perjalanannya mencapai penerima, gelombang akan mengalami redaman (fading) oleh udara, mendapat interferensi dari frekuensi-frekuensi lain, noise, atau bentuk-bentuk gangguan lainnya. Gangguan-gangguan itu umumnya berupa variasi amplitudo sehingga mau tidak mau akan mempengaruhi amplitudo gelombang yang terkirim. Akibatnya, informasi yang terkirim pun akan berubah dan mengurangi mutu informasi yang diterima.

      Modulasi Frekuensi (FM)

Seperti halnya Modulasi Amplitudo, semua kelebihan maupun kekurangan diatas adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Karena Modulasi Frekuensi memiliki jangkauan gelombang yang lebih pendek, maka kualitas suara yang dihasilkan akan bagus dan tidak akan sering terjadi gangguan (fading) pada gelombang. Selain itu, Modulasi Frekuensi memiliki atau memerlukan bandwidth yang besar, sehingga berakibat pada kualitas suara yang bagus. 

Berbeda dengan gelombang AM, gelombang FM bebas dari pengaruh gangguan udara, bandwidth (lebar pita) yang lebih besar, dan fidelitas yang tinggi. Frekuensi yang dialokasikan untuk siaran FM berada diantara 88 – 108 MHz, dimana pada wilayah frekuensi ini secara relatif bebas dari gangguan baik atmosfir maupun interferensi yang tidak diharapkan. Selain itu, Saluran siar FM standar menduduki lebih dari sepuluh kali lebar bandwidth (lebar pita) saluran siar AM. Hal ini disebabkan oleh struktur sideband nonlinear yang lebih kompleks dengan adanya efek-efek (deviasi) sehingga memerlukan bandwidth yang lebih lebar dibanding distribusi linear yang sederhana dari sideband-sideband dalam sistem AM.

Jika pada gelombang AM audio yang terdengar hanya berkarakteristik mono, tidak demikian dengan FM. Alokasi saluran yang lebar dan kemampuan FM untuk menyatukan dengan harmonis beberapa saluran audio pada satu gelombang pembawa, memungkinkan pengembangan sistem penyiaran stereo yang praktis. Ini merupakan sebuah cara bagi industri penyiaran untuk memberikan kualitas reproduksi sebaik atau bahkan lebih baik daripada yang tersedia pada rekaman atau pita stereo. Sehingga jelas, bahwa gelombang FM lebih banyak kelebihannya dari pada AM.

2 komentar: